Mudah dilakukan Sendiri, Yuk Pelajari Cara Memasang Kamera CCTV di Rumah


Pemasangan kamera CCTV dianggap sangat penting, terutama di lokasi yang rawan terjadi pencurian. Berbagai perabotan dan barang barang berharga di dalam rumah, bisa saja mengundang orang lain untuk melakukan pencurian. Sebenarnya memasang CCTV bisa dilakukan sendiri, tanpa memerlukan teknisi. Berikut ini cara memasang kamera CCTV yang harus anda tahu, agar pemasangan CCTV bisa berhasil.

Tips Memasang Kamera CCTV di Rumah

Pixabay.com

  1. Mengenali Jenis Kamera yang Akan digunakan

Sebelum membeli jenis kamera yang akan dipasang untuk CCTV, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai spesifikasi dari kamera tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau memang kurang tepat. Maka dari itu, anda juga harus memahami setiap fitur yang ada pada kamera tersebut. Beberapa jenis kamera memang sengaja didesain untuk memantau aktivitas di lokasi yang gelap, terutama pada malam hari atau pemantauan dengan jarak jauh.

Ada banyak Canon Camera manual  yang dapat anda pilih dengan kelebihan masing masing yang dimiliki. Misalnya untuk kamera Canon kamera CCTV indoor yang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, dengan kualitas rekaman 1080p. Namun perlu diingat juga, jika penggunaan indoor tidak tahan air, sehingga tidak dapat dipasang di luar ruangan, yang memungkinkan kamera terpapar air ataupun cahaya matahari secara langsung.

  1. Memilih Lokasi Pemasangan CCTV

Sebelum melakukan cara memasang kamera CCTV, maka anda harus menentukan lokasi pemasangan CCTV terlebih dahulu. Selanjutnya, anda bisa menentukan titik dimana saja yang akan dipasang kamera tersebut. Pertimbangkan juga mengenai jalur untuk kabelnya, sehingga anda dapat mengetahui peralatan apa saja yang nantinya akan diperlukan untuk melakukan pemasangan CCTV. Tentukan juga mengenai lokasi DVR serta supply CCTV yang akan dipasang.

Keduanya dapat dipasang di lokasi yang sama dengan jarak yang berdekatan. Perlu diingat jika kedua komponen ini sangat berpengaruh terhadap nyala atau tidaknya kamera. Sebaiknya, pilih lokasi yang tersembunyi untuk pemasangan DVR dan power supply CCTV. Jika perlu perkuat dengan kerangka beton, sehingga dapat tahan ketika terjadi bencana. Dengan demikian, pelaku kejahatan tidak akan mengetahui keberadaan DVR CCTV yang akan anda pasang.

  1. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk memasang CCTV. Adapun beberapa yang perlu anda siapkan diantaranya obeng, palu, tang, cutter, tangga, bor, sarung tangan, dan klem. Anda juga bisa menambah alat dan bahan lainnya untuk mempermudah proses pemasangan, sehingga lebih cepat selesai. Selanjutnya, tentukan jalur kabel agar lebih aman dan awet. Sebaiknya pasang kabel di balik dinding.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada kabel tersebut. Jika memang kabelnya terpaksa keluar, maka sebaiknya masukan ke dalam pipa agar lebih awet. Lakukan pemasangan kabel, sebelum melakukan cara memasang kamera CCTV. Mengingat pemasangan kabel dinilai lebih sulit dibandingkan dengan pemasangan kamera. Dengan mengerjakan pekerjaan yang lebih sulit, maka anda tidak perlu naik tangga dua kali.

  1. Perhatikan Lokasi Pemasangan Kamera

Saat melakukan pemasangan, anda harus memperhatikan kamera CCTV dengan baik. Pasang kamera dengan tidak menghadap matahari maupun sumber cahaya. Hal ini bertujuan agar gambar yang dihasilkan tidak gelap. Jangan mengarahkan kamera ke properti orang lain, karena hal ini bisa dianggap melanggar privacy. Agar kamera tidak mudah dijangkau orang, sebaiknya pemasangan dilakukan minimal 3 meter dari atas tanah.

Penempatan kamera pada sudut ruangan akan lebih baik, karena dapat memantau seluruh ruangan. Dengan demikian, anda tidak perlu membutuhkan kamera CCTV yang terlalu banyak. Pemasangan kamera di balik jendela, justru akan menghambat kinerja kamera pada saat malam hari yang menggunakan infra merah. Agar  anda dapat mengetahui siapa yang masuk maupun keluar, maka cara memasang kamera CCTV dilakukan pada akses masuk dan keluar rumah

  1. Pemasangan Kamera ke Plafon dan Konektor Kabel Power

Pemasangan kamera di plafon atau tembok bisa menggunakan bor atau obeng. Jika harus menggunakan bor, maka anda sebaiknya gunakan bor. Namun, jika memang sudah cukup dengan menggunakan obeng dan screw, maka anda tidak perlu menggunakan bor lagi. Sebaiknya pasang semua screw yang sudah disediakan, sehingga pemasangan kamera menjadi lebih stabil serta aman. Pilih konektor dengan jenis ulir, karena pemutarannya yang lebih mudah.

Kupas kulit luar kabel coaxial dengan panjang sekitar 1,5 cm. Selanjutnya, tekuk keluar kabel serabut dan kupas shield bagian inner, sehingga menyisakan inner shield sekitar 0,3 cm/3 mm. Selanjutnya, pasang RG6 Male F-connector model ulir (twist on type) dengan menggunakan tang, dan usahakan agar tidak bengkok serta usahakan panjang iner  tidak berlebihan. Selanjutnya, lakukan pemasangan konektor DC 12v dengan menggunakan obeng plus.

  1. Pemasangan HDD DVR CCTV

Pixabay.com

Cara memasang kamera CCTV selanjutnya, yaitu dengan memasang HDD DVR CCTV. Langkah ini sebenarnya sangat mudah, karena anda hanya perlu mencopot semua sekrup yang berada di sekitar chasing DVR maupun NVR dengan memakai obeng, selanjutnya membukanya dengan hati hati. Sebaiknya pemasangan sekrup pada HDD dilakukan dengan posisi kendor untuk memudahkan dalam memasukkan dvr.

Setelah itu, pasang kabel power beserta kabel data baik di HDD maupun soket DVR. Lalu, kencangkan sekrup HDD menggunakan obeng. Namun, sebelumnya kembalikan DVR terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan pemasangan power supply khusus CCTV dengan memasang kabel merah pada soket dengan tanda + dan kabel warna hitam pada soket dengan tanda -.

Jika DVR anda masih baru, maka sebaiknya gunakan monitor secara langsung yang dicolok ke unit DVR. Namun, perlu diketahui jika anda juga membutuhkan mouse bawaan dan monitor untuk mensetting DVR. Jika kamera serta DVR telah menyala, dan menunjukkan gambar “setup DVR” maka anda bisa melihat gambar melalui CCTV yang telah anda pasang. Cara memasang kamera CCTV, selanjutnya bisa menggunakan setting aplikasi telah disediakan oleh vendor DVR CCTV tersebut.

Itulah cara pemasangan CCTV yang bisa anda lakukan di rumah. Untuk pemasangan CCTV ini tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya saja anda perlu melakukan pengecekan kipas pendingin yang terdapat di power supply maupun DVR agar tidak sampai mati. Karena hal ini akan berdampak pada kerusakan komponen DVR maupun power supply. Jika kualitas gambar sudah buram, sebaiknya lakukan pergantian dengan unit yang baru.