Cara Sukses Melatih Suara Burung Ciblek Agar Mengunci Suara Ngebren


Tentunya Anda yang punya burung Ciblek menginginkan agar burung tersebut punya kicauan terbaiknya. Pasalnya tidak hanya Anda yang akan senang menengarkan kicauan tersebut setiap harinya tetapi juga mampu membuat burung tersebut memenangkan kontes  secara mudah.  Kebanyakan pencinta dari burung Ciblek ini menginginkan agar burung tersebut lebih sering untuk menghasilkan suara ngebren dibandingkan dengan suara kicauan jenis lainnya.  Salah satu alasannya adalah suara ngebren dari burung Ciblek ini menjadi salah satu nilai plus  dan salah satu yang menjadi aspek penilaian pada saat burung tersebut mengikuti kontes.

Perlu Anda pahami bahwa untuk bisa menghasilkan suara ngebren dari burung Ciblek ini, ada banyak faktor yang mempengaruhi, seperti umur dan mental.  Burung ciblek yang masih muda  cenderung untuk mempunyai suara yang terkesan kurang kasar, kurang lantang dan halus. Maka dari itulah burung Ciblek yang masih muda jarang sekali mengeluarkan suara ngebrennya. Sebaliknya untuk burung Ciblek yang sudah berumur pas alias yang dewasa, akan lebih sering mengeluarkan suara ngebren dan lebih mudah untuk dilatih  agar lebih rajin dan lantang lagi.  Hal ini harus Anda pahamu terlebih dahulu sebelum mengetahui cara melatih burung Ciblek tersebut.

Untuk bisa membuat burung Ciblek  ini menghasilan suara ngebren,  bisa dibilang susah-susah gampang karena Anda harus mengetahui cara suksesnya terlebih dahulu. Tidak bisa Anda sembarangan melatih burung Ciblek ini untuk mengeluarkan suara ngebren ini karena yang terjadi bisa stressnya burung dan hal-hal negatif lainnya.  Maka dari itulah Anda harus menyimak panduan dalam melatih burung Ciblek ini agar bisa menghasilkan suara ngebren.  Pastinya Anda tidak akan melewatkan informasi ini mengingat dengan mengaplikasikan semua caranya akan membuat burung tersebut mengeluarkan suara ngebren dengan rajin, lantang dan juga lama durasinya.

Berikut ini adalah berbagai cara yang paling ampuh untuk Anda bisa melatih burung Ciblek agar mengeluarkan suara ngebren secara lantang, rajin dan lama durasinya:

 
unsplash.com
  1. Pilih Burung Cibrek yang Mempunyai Karakter Suara Ngebren

Cara pertama yang harus Anda lakukan bila ingin melatih burung Ciblek agar bisa mengeluarkan suara ngebren secara rajin, lama durasinya dan lantang adalah memilih jenis burung yang memang sudah punya karakter suara tersebut.  Untuk mengenali mana burung Ciblek yang mempunyai karakter suara ngebren, Anda bisa memperhatikan ocehannya. Biasanya burung yang mempunyai karakter tersebut akan mempunyai kecenderungan untuk nembak ngebren walaupun hanya singkat. Namun bila Anda melatihnya dengan baik, burung Ciblek ini akan bisa lama dalam mengeluarkan suara ngebrennya.

 

  1. Memberikan Makanan Bergizi Lengkap

Tentu saja pemberian makanan mempunyai peranan penting dalam usaha Anda melatih burung Ciblek agar bisa mengeluarkan suara ngebren yang terkunci alias tak ada suara kicauan lain dalam waktu yang lama dan lantang.  Disarankan untuk Anda memberikan voer yang sudah mempunyai nutrisi lengkap dan baik.  Dengan begitu burung Ciblek akan akan  mempunyai energi yang cukup, lebih aktif dan pastinya sering dalam mengelarukan suara ngebrennya ini.

 

  1. Memberikan Ekstra Fooding (EF) yang Sehat dan Segar

Berikutnya, Anda harus memberikan burung Ciblek ini pakan tambahan alias EF yang sehat dan segar. Pastikan makanan tambahan tersebut tidak tercemar dengan bakteri. Adapun EF yang bisa Anda berikan dalam rangka  melatih suara burung ini agar bisa rajin mengeluarkan suara ngebrennya adalah ulang hongkong dan jangkrik. Anda tidak boleh memberikan serangga yang sudah berubah warnnya menjadi lebih gelap ataupun yang sudah berbau alias yang sudah basi.  Hal ini akan membuat burung mudah sekali stress sekaligus mampu membuat kesehatannya terganggu.

pxhere.com
  1. Lakukan Pemasteran

Melakukan pemasteran bisa membuat burung Ciblek ini mempunyai suara ngebren yang lebih lama durasinya dan lebih berkualitas.  Sangatlah disarankan untuk Anda menggunakan suara kicauan burung lain  sewaktu pemasteran ini. Suara kicauan burung lain ini harus yang karakter usara tembakannya sama seperti  yang bisa Anda pergunakan adalah usara cucak jenggot dan perenjak. Apabila Anda tidak mempunyai burung-burung tersebut, bisa mendownloadnya terlebih dahulu di suaraburung.co.id.

 

  1. Menghindari Mandi Semprot

Untuk membuat burung Ciblek mengeluarkan suara ngebren yang lantang, maka usahakan untuk memandikan burung ini pada bak tersendiri dan hindari mandi semprot.  Cara ini akan membantu burung untuk mempunyai mental yang bagus dan mampu mengeluarkan suara yang diinginkan tersebut. nah untuk mandi dalam bak khusus ini bisa Anda lakukan dengan mempersiapkan bak mandi protabel atau cpluk yang berisi air dan dimasukan pada sangkar dari burung Ciblek ini.

 

  1. Melakukan Pengecasan dengan Burung Betina

Cobalah untuk melihat apakah burung Ciblek yang Anda punyai ini akan lebih rajin untuknebrak ngebren setelah Anda cas dengan burung betina. Apabila memang hasilnya positif, silahkan Anda lakukanpengecasan seminggu sekali ataupun semial sebelum lomba yakni h-1 dari waktu perlombaan tersebut.  Apabila memang ciblek belum terbiasa atuapun jarak dicas dengan burung betina, Anda bisa melakukan pengecsan ini dengan suara saja. Nantinya burung Ciblek ini akan terangsang untuk mengeluarkan suara ngebrennya untuk membalas suara panggilan yang dilakukan burung betina.