Jenis Jenis Udang Hias Air Tawar Yang Menawan


Menambahkan koleksi binatang air seperti udang mungkin akan menambah akuarium rumah terlihat indah. Binatang kecil ini juga bisa loh dipelihara di akuarium rumah. Biasanya jenis udang ait tawar yang banyak dipakai untuk mempercantik akuarium. Udang hias ini juga sudah cukup banyak dijual di toko yang khusus menjual ikan hias.

Namun sebelum kamu membeli udang hias ini,perhatikan dulu kondisi akuarium dirumah. Apakah penghuni akuarium itu ada yang kira-kira dapat memakan udang hias kita? Kalaupun beresiko sebaiknya hindari membeli udang hias ini. Seandainya tidak ada ancamam dari ikan akuarium,bolehlah kamu untuk menambahkan udang hias sebagai penghuni baru. Tetapi perlu diingat juga, udang bersifat kanibal. Artinya dia akan memangsa temannya sendiri yang masih kecil ataupun berbeda jenis. Oleh karena utu cukuplah satu jenis saja untuk tiap akuarium.

Makanan untuk tiap udang jenis berbeda-beda. Mungkin ini juga yang harus kita perhatikan. Berbeda dengan memelihara ikan cupang walupun berbeda jenis makanannya tetap sama. Udang hias air tawar ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu 15-30C. Sedangkan untuk tingkat kesadaran airnya 3-15 dkh. Untuk udang hias air tawar di Indoneaia apabila airnya mempunyai pH dengan keasaman air yang rendah akan mengakibatkan udang hias ini stres dan akhirnya mati. Jadi pH yang baik untuk udang hias air tawar ini berkisar 6,8-8.

Berikut adalah beberapa udang hias air tawar yang banyak dipelihara :

1. Red cherry shrimp

Udang ini memiliki warna merah serta berasal dari Thailand. Bentuknya yang kecil mempunyai ukuran sekitar 2-3 cm. Udang jenis ini menjadi favorit para penghobi udang hias,karena udang ini mempunyai daya tahan tubuh kuat,bisa membersihkan akuraium dengan cara memakan alga yang menempel di  akuarium serta induk udang ini tidak mempunyai sifat kanibal terhadap anaknya.

2. Blue diamond Shrimp

Udang hias ini hampir sama dengan red cherry shrimp. Hanya udang ini berwarna biru.Biru tua yang ada di udang ini sangat cantik ditambah dengan bentuk mungilnya,sehingga kemilaunya tampak seperti berlian.

3. Blue Pearl Shrimp

Warna biru muda yang ada di udang ini terlihat seperti mutaiara. Udang jenis ini juga nampak tidak agresif disamping itu juga bisa membersihkan akuarium dengan cara memakan alga yang menempel. Itu sebabnya udang ini juga banyak dijadikan hiasan di akuarium.