Konsep Digital Marketing Wajib Diketahui Pebisnis Online


Digital marketing mungkin bagi beberapa orang masih terdengar asing. Tapi tahukah kamu, ternyata digital marketing ini sangat penting untuk perkembangan dan keberlangsungan sebuah bisnis agar bisa bertahan dan tetap relevan dengan kemajuan dari zaman ke zaman. Dengan menjalankan digital marketing yang bagus, bisnis akan jalan terus dan menghasilkan omset besar.

Secara garis besar, digital marketing memiliki beberapa konsep dasar yang mesti kamu pahami jika memang kamu ingin menjalankan digital marketing. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi konsep dasar dari digital marketing. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang konsep digital marketing yang wajib diketahui pebisnis online.

1. Menemukan Pelanggan Baru

Konsep digital marketing pertama adalah menemukan pelanggan baru. Pada dasarnya baik itu digital marketing maupun marketing konvensional, keduanya memiliki tujuan utama untuk menemukan pelanggan baru. Konsepnya tentu saja adalah kamu memposting suatu produk yang akan kamu jual. Nanti, postingan tersebut akan dilihat oleh banyak orang yang terkoneksi dengan internet atau sedang online.

Mereka yang melihat postingan produk milik mu bisa berpotensi menjadi pelanggan baru. Karena mereka tertaut dengan produk yang kamu jajakan dengan sistem online tersebut sehingga mereka akan tertarik dan membeli produk yang kamu jual dalam postingan tersebut.

2. Menjual Produk

Masih ada keterikatan dengan poin nomor satu, konsep utama dari digital marketing tentu saja adalah menjual produk, entah itu berupa barang atau sebuah jasa. Ambil satu contoh, kamu mengoptimasi sebuah website untuk kamu jadikan sebagai platform digital marketing. Kamu unggah katalog dan artikel yang menunjang tentang produk yang kamu jual.

Semua penjelasan dan keterangan kamu tulis lengkap hingga kamu mencantumkan kontak yang bisa di hubungi. Dengan usaha mengoptimasi sebuah website tersebut, pada akhirnya akan mengerucut ke satu tujuan besar yaitu produk yang kamu posting di beli orang dan kamu mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

3. Memasang Iklan

Konsep berikutnya dari digital marketing adalah memasang iklan. Apakah perlu pebisnis yang menerapkan strategi serta konsep digital marketing harus memasang slot iklan? Jika ingin memperluas jangkauan audiens, tentu menjadi perlu. Atau ingin menaikan omset jualan lebih tinggi lagi, juga perlu memasang iklan.

Iklan ini bisa dibilang menjadi shortcut untuk mempercepat perluasan jangkauan audiens dan mempercepat produk yang kamu tawarkan dibeli oleh orang. Ambil contoh kamu beriklan dengan sistem endorse melalui selebgram di Instagram.  Kamu membayar sejumlah uang untuk selebgram tersebut mempromosikan barang yang kamu jual.

Pastilah selebgram memiliki banyak followers dan followers tersebut akan melihat apa yang selebgram posting. Nantinya akan ada potensi followers selebgram yang tertarik dan berminat untuk memesan produk yang di endorse tersebut. Pada akhirnya mereka akan membeli dan cara iklan seperti ini terbukti efektif meningkatkan penjualan produk.

Atau semisal kamu memasang iklan di keywords google. Keefektifan iklan tersebut akan menargetkan kepada orang yang memang sedang mencari keywords serupa dengan yang kamu pasang iklan. Semisal kamu menjual produk ponsel android, nantinya iklan yang kamu pasang tersebut akan tampil di perangkat orang yang sedang mencari ponsel android. Begitu juga dengan produk-produk serupa yang lain.

Karena itulah memasang iklan sangat efektif. Target pemasaran dari iklan sudah diatur sedemikian rupa agar meminimalisir salah sasaran dari target penjualan tersebut. Memang tak selamanya memasang iklan bisa terjamin akan untung. Tapi setidaknya mencoba saja dulu.

4. Ketahui Karakteristik Pelanggan

Konsep digital marketing berikutnya yang harus kamu ketahui dari digital marketing adalah dengan menerapkan digital marketing, kamu bisa mengetahui karakteristik dari seorang pelanggan. Karena ada trik sendiri yang digunakan untuk mencermati orang tersebut yang berlaku sebagai calon konsumen kita.

Kamu bisa mengamati orang tersebut cenderung menyukai hal apa. Atau bisa juga mengamati iklan seperti apa yang paling sering di klik oleh orang tersebut. Setelah kamu mengetahui secara spesifik, barulah kamu membuat sebuah iklan dengan detail seperti apa yang sudah kamu ketahui tentang karakteristik pelanggan tersebut.

Juga kamu targetkan iklan tersebut sesuai dengan segmen yang memang tepat. Kamu beriklan menawarkan produk ponsel android, ya kamu tawarkan pada target dengan pencarian ponsel atau yang masih ada hubungan dengan produk yang kamu jual tersebut. Setidaknya ada satu variabel yang masih menghubungkan antara kesukaan si calon pelanggan dan produk yang kamu jual.

5. Analisis Pemasaran

Konsep digital marketing terakhir yang harus kamu gunakan adalah analisis pemasaran. Kamu bisa menggunakan tools-tools yang disediakan untuk memasarkan produk mu agar target yang dituju lebih tepat mengenai sasaran. Ada berbagai metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan analisis pemasaran semisal menggunakan google trend, untuk mengetahui apa yang sedang ramai di perbincangkan.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan lengkap tentang konsep digital marketing dalam bisnis online. Kamu bisa pelajari lebih detail mengenai konsep digital marketing dan bisnis online lebih dalam dengan bergabung dengan akademi bisnis digital Indonesia atau dikenal dengan sebutan ABDi.