Gambar Nasi Uduk dan Cara Membuatnya


Nasi uduk menjadi salah satu menu makanan yang cukup populer di Indonesia. Nasi uduk menjadi salah satu varian nasiĀ  yang banyak diminati di berbagai daerah di Indonesia. Pasalnya nasi uduk memiliki citarasa yang lezat dan gurih. Nasi uduk banyak diminati oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Nasi uduk sangat mudah ditemukan di berbagai rumah makan khususnya di daerah Jakarta.

Nasi uduk sendiri merupakan varian olahan nasi yang dibuat bumbu rempah-rempah Indonesia seperti merica, kayu manis, garam, dan sebagainya. Cara pembuatannya pun juga terbilang cukup mudah kok. Nah dengan rasa gurihnya yang begitu khas, nasi uduk bisa menjadi menu makan yang lezat. Bagi Anda yang ingin membuat nasi uduk, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai resepnya di resepmami.info.

Resep Nasi Uduk Sederhana

Pixabay.com

Ingin menikmati nasi uduk tapi bingung dimana belinya? Tenang, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah kok. Iya proses memasak nasi uduk tidaklah sulit serta bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan. Nah bagi Anda yang belum pernah membuat nasi uduk, Anda bisa memulainya dengan resep nasi uduk sederhana ala resepmami.info.

Nasi uduk yang dimaksud disini adalah nasi uduk original alias tidak divariasikan dengan rasa atau warna yang lain. Model nasi uduk yang satu ini sangat simpel baik dari bahan maupun proses pembuatannya. Nah untuk membuat nasi uduk original, Anda dapat menyiapkan bahan-bahannya yang terdiri dari beras 300 gram, daun salam secukupnya saja, santan, serai, merica, kayu manis, dan garam secukupnya. Setelah bahan-bahan tersebut siap, silahkan lanjut ke cara memasaknya yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama silahkan rebus santan dn masukkan beberapa bahan-bahan seperti serai, merica, salam, dan beberapa bahan tambahan diatas. Silahkan diaduk hingga rebusan santan mendidih.
  2. Setelah rebusan santan beser bumbu-bumbu tersebut mendidih, Anda dapat mencampurkan rebusan santan dengan beras. Kukus hingga beras benar-benar matang dan menjadi nasi yang empuk.
  3. Dan nasi uduk pun sudah siap untuk disajikan.

Resep Nasi Uduk Komplet Khas Betawi

Pixabay.com

Nasi uduk memang cukup terkenal dikalangan suku betawi yang berada di Jakarta. Pada umumnya suku betawi memiliki resep membuat nasi uduk yang spesial sehingga rasanya begitu khas. Nah kali ini Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar resep nasi uduk khas betawi dari resepmami.info yang merupakan situs yang menghadirkan berbagai resep olahan Indonesia.

Untuk membuat nasi uduk komplet khas betawi, ada beberapa bahan yang harus disiapkan diantaranya yaitu beras 400 gram, santan 600 ml, daun salam secukupnya saja, serai geprek, daun jeruk, jahe secukupnya saja, garam secukupnya saja. Selain itu siapkan juga bahan-bahan untuk membuat sambal kacang yang meliputi cabe merah besar secukupnya, cabe rawit 3 buah, bawang putih 2 siung, kacang tanah 150 gram, cuka secukupnya, gula pasir secukupnya, dan garam secukupnya. Nah setelah bahan-bahannya siap, lanjut ke proses memasak yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, pastikan Anda sudah mencuci beras hingga bersih. Kemudian silahkan kukus beras hingga setengah matang, kemudian sisihkan.
  2. Langkah selanjutnya silahkan rebus santan, tambahkan juga beberapa bumbu diantaranya daun salam, daun jeruk, lengkuas, garam, dan jahe.
  3. Masak hingga rebusan santan mendidih. Kemudian setelah mendidih silahkan masukkan beras ke dalam rebusan santan tersebut, dan aduk hingga santan menyusut.
  4. Jika santan sudah menyusut, silahkan kukus beras kurang lebih selama 30 menit atau sekiranya sampai beras matang dan sudah menjadi nasi.

Disamping itu, siapkan teman makan nasi uduk khas betasi yaitu sambal kacang. Adapun cara memasak sambal kacang yaitu sebagai berikut:

  1. Haluskan cabe merah, bawang putih, cabe rawit, dan kacang tanah.
  2. Selanjutnya Anda dapat menuangkan air panas, gula, garam, dan cuka secukupnya. Pastikan campuran tersebut diaduk hingga merata.
  3. Jika semua bumbunya sudah dicampur dengan rata, sambal pun siap disajiikan bersama nasi uduk.

Resep Nasi Uduk Kuning

Nah bagi Anda yang ingin mencoba variasi nasi uduk, Anda dapat memadukannya dengan nasi kuning sehingga menjadi masakan yang bernama nasi uduk kuning. Bahan-bahannya terdiri dari beras 1 Kg, santan 900 ml, daun salam secukupnya, serai 2 batang, kunyit, lengkuas 2 cm, jahe 5 cm, bawang merah 5 buah, dan garam secukupnya. Adapun untuk cara pembuatannya yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, pastikan beras sudah dicuci hingga bersih. Kemudian silahkan rendam beras dan diamkan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan seperti lengkuas, jahe, kunyit, garam, dan bawang merah.
  3. Kemudian silahkan masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam santan. Aduk hingga merata.
  4. Masak santan sampai benar-benar mendidih.
  5. Langkah selanjutnya silahkan masukkan daun salam serta serai geprek ke dalam rebusan santan. Silahkan rebus dengan api yang sedang dan aduk hingga air dalam kondisi menyusut atau hingga beras benar-benar matang.
  6. Siapkan panci untuk mengukus nasi kuningnya. Tunggu hingga nasi benar-benar dalam kondisi matang kemudian angkat.
  7. Dan nasi kuning pun siap untuk disajikan.