Cara Memecahkan Rubik 3 x dengan Rumus Rubik Tercepat


Siapa yang tidak mengenal rubik. Permainan satu ini yang sempat tren di beberapa tahun belakangan memang dikenal mampu mengasah otak. Mereka yang bisa memecahkan rubik disebut-sebut sebagai sosok jenius. Tapi rupanya, ternyata bermain rubik juga ada rumusnya lho. Kamu tidak bisa asal putar jika ingin rubik cepat selesai. Lalu, seperti apa rumus rubik yang tercepat? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Rubik

Rubik adalah sebuah permainan yang didasarkan pada kecerdasan otak pemainnya untuk bisa selesai. Tidak hanya kecerdasan otak saja, bermain rubik juga perlu trik khusus agar warna bisa sejajar di masing-masing sisinya. Adapun rubik sebenarnya memiliki banyak jenis yang dijual di pasaran, namun yang paling populer adalah rubik 3 x 3. Padahal, rubik juga ada bentuk 2 x 2, mirror, 4 x 4, snake, 5 x 5, segitiga, hingga 6 x 6 dan model-model lainnya.

Rubik sendiri juga memiliki beberapa istilah penting yang harus dipahami sebelum bermain. Istilah ini mulai dari F yang artinya Front atau gerakan memutar ke depan, B atau Back yang artinya memutar ke bagian belakang, hingga R atau Right yang artinya memutar ke kanan dan L atau Left yang artinya memutar ke kiri. Ada juga U alias Up yang mana bergerak memutar ke atas dan D alias Down yang berarti memutar ke bawah.

Semua istilah tersebut dimainkan dengan gerakan searah jarum jam, sementara untuk yang berlawanan arah adalah F’, B’, R’, hingga L’, U’, dan D’. Jadi, simbol yang berlawanan arah ditandai dengan tanda aksen di hurufnya. Tidak hanya itu saja, jika dalam tanda tersebut ada angka 2, maka rubik harus diputar dua kali. Adapun yang harus kamu ingat, satu kali gerakan pada rubik hanya bernilai 90° dan bukan 180°. Jadi ketika ada tanda F, maka putar 90° sedangkan jika ada F2 maka putar dua kali 90° yang mana akhirnya bernilai 180°.

pxhere.com

Cara Bermain dengan Rumus Rubik

Salah satu tips untuk bisa bermain rubik dengan cepat adalah menggunakan rumus. Oleh karena itu, yuk ikuti langkah-langkah menyelesaikan rubik dibawah in dengan bantuan rumus dari rubik itu sendiri, yakni :

  1. Membuat Cross

Tidak ada rumus khusus untuk membuat Cross atau tanda (+). Kamu hanya perlu mencari sisi yang memiliki center kuning di atas lalu pilih edge putih, kumpulkan semuanya dengan si kuning. Jika sudah, cross putih jadi deh.

  1. Ratakan Sisi Bawah Jadi Putih

Setelah cross tercipta, kamu bisa meratakan sisi bawah dengan warna putih semua. Pilih corner yang memiliki warna putih dan perhatikan warna yang ada di sebelahnya. Kita anggap saja warna putih ada di kanan. Maka, kamu bisa memposisikan warna merah di dekat corner putih untuk Font. Jika bagian putih sudah di atas, algoritma yang bisa dipakai adalah R U R untuk membuat semua edge putih di bawah.

  1. Meratakan Layer Kedua

Tahap kedua sudah selesai, maka silahkan cari edge yang tidak memiliki warna kuning. Misalkan saja kamu menemui warna merah dan hijau, maka putar sisi bagian atas (U) hingga edge hijau bertemu dengan center yang warnanya sama. Apabila sudah, letakkan warna merah dan hijau sebagai Font dan kumpulkan si merah di sisi dengan center merah.

Algoritma yang bisa kamu lakukan untuk center merah di sisi kiri adalah U’ L’ U L U F U’ F’. Ketika kamu menemukan warna lain, maka langsung saja karena algoritmanya juga sama. Lakukan cara ini terus sampai layer 2 lengkap warnanya.

  1. Buat Cross Kuning di Sisi Atas

Untuk membuat cross kuning di bagian atas, fokus saja pada edge. Abaikan jika kamu menemukan warna kuning di corner. Ada beberapa algoritma yang dapat digunakan sesuai kondisi rubikmu sendiri dan ini sangat berbeda-beda, yakni (R U R’ U’) F’ f (R U R’ U’) f’ untuk kuning corner, f R U R’ U’ f’ untuk L terbalik, serta F R U R’ U’ F’ untuk model garis lurus. Jika sudah kamu pilih dan sesuai, maka hasilnya akan membentuk cross kuning.

pxhere.com

  1. Finishing

Untuk bisa menyelesaikannya, kamu harus meratakan sisi atas dengan kuning. Ada beberapa algoritma yang digunakan, namun kali ini kita akan menggunakan F (R U R’ U’) (R U R’ U’) (R U R’ U’) F’. Setelah itu, tempatkan corner pada tempatnya. Jadi jika ada sisi hijau, maka corner harus hijau. Begitu juga untuk sisi merah, maka corner haru merah. Letakkan corner yang sudah jadi di sisi kiri dan jadikan pula di sisi kanan dengan algoritma R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L.

Jika sudah, posisikan warna yang sudah lengkap di belakang. Lalu pilih edge merah untuk dipindah ke sisi kiri dengan arah putar sesuai jarum jam. Gunakan algoritma F2 U L R’ F2 L’ R U F2. Setelah itu, rubik jadi deh. Mudah, ya?

Demikian ulasan mengenai rumus rubik 3 x 3. Semoga bermanfaat.