Sejarah STIP


STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia dengan di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Untuk sebelumnya STIP ini dikenal sebagai Akademi Ilmu Pelayaran maupun pendidikan dan latihan ahli pelayaran Jakarta. STIP ini berada di Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara dan berada di dekat Pantai Marunda dan situs cagar budaya Si Pitung

Sejarah STIP perlu Anda ketahui dengan baik sebelum memutuskan untuk melakukan pendaftaran di sekolah tinggi pelayaran ini. Untuk bisa menjadi mahasiswa STIP memang tidaklah mudah dilakukan. Karena mengingat bahwa sekolah yang berada di bawah kedinasan ini telah menetapkan beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi dengan baik. Sebab itu Anda harus mengetahui syarat dan ketentuannya sebelum melakukan pendaftaran.

Sejarah STIP

STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan pendidikan pelayaran di bawah naungan Badan Diklat Perhubungan Republik Indonesia yang berdiri sejak dari tahun 1953. Akademi ini telah menyelenggarakan program Diploma yang setara dengan BSC. Ada 2 jurusan yang bisa dipilih, yaitu jurusan nautika dan teknika. Sementara lama pendidikan yaitu tiga hingga empat tahun.

Di tanggal 27 Februari 1953 ini secara resmi menjadi Akademi Pelayaran pertama di Indonesia yang telah diresmikan Presiden RI Insinyur Soekarno dan berada di Jalan Gunung Sahari Mangga Dua Ancol Jakarta Utara. Akan tetapi pada tahun 1962 ini telah menyelenggarakan kerjasama bersama dengan Akademi Pelayaran Amerika yang disebut sebagai Kings Point pada kelas khusus.

STIP Sejak berdiri mempunyai reputasi yang sangat bagus sebagai salah satu pusat pendidikan pelayaran sampai pada tahun 1974 hingga 1984. Maka ini telah berhasil menyelenggarakan pertukaran pelajar bersama Malaysia, Tanzania, dan Bangladesh. Di tahun 1964 untuk akademi Ilmu Pelayaran Niaga maupun Akademi telekomunikasi telah diubah menjadi Akademi Ilmu Pelayaran.

Dengan hal ini maka STIP memperoleh lisensi dalam melaksanakan program studi sebanyak 4 yaitu Nautica, ketatalaksanaan dan kepelabuhan atau KTK, elektronika dan Telekomunikasi. Memasuki tahun 1983, untuk Academy Ilmu Pelayaran kembali berubah nama menjadi PLAP atau pendidikan dan latihan ahli pelayaran dan hal ini telah memperoleh lisensi dalam melaksanakan program strata a, b dan c.

Pada strata A ini menjadi program 3 tahun yang setara seperti BSC. Peserta akan mendapatkan sertifikat kepelautan kelas 3 untuk Strata B ini yang merupakan program sekolah 1 tahun lagi pelaut yang mempunyai pengalaman berlayar selama 2 tahun ketika dirinya telah mengikuti pendidikan starta A.

stocksnap.io

Estimasi Biaya Kuliah di STIP

Apabila Anda ingin melanjutkan perguruan tinggi di STIP maka ada beberapa estimasi biaya kuliah yang seharusnya Anda ketahui di awal sebelum melakukan pendaftaran. Pertimbangan sebelum melakukan pemilihan tempat kuliah yaitu mengenai biaya pendidikan yang akan dikeluarkan. Berikut ini estimasi dari biaya kuliah di STIP di antaranya:

  1. Pola Pembiayaan

Untuk pola pembiayaan ini akan dibebankan selama mengikuti pendidikan biaya kuliah di STIP, yaitu untuk biaya SPP, biaya masa dasar pembentukan karakter, biaya semester dan biaya yang lainnya. untuk biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak pemerintah.

Biaya dari Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran non akademik hal ini menyangkut biaya penunjang akademik, biaya kegiatan ketarunaan, biaya permakanan, biaya wisuda, maupun yang lainnya. untuk biaya tersebut menjadi tanggungan dari calon taruni atau taruna yang disesuaikan pada ketentuan dari perundangan yang akan berlaku di setiap sekolah kedinasan.

Untuk perkiraan besaran biaya pendidikan sekolah dan komponen disesuaikan pada perincian seperti berikut:

  • Pendidikan untuk Transportasi Laut.
  • Biaya Penunjang Akademik sebesar Rp8.225.000 – Rp14.900.000/taruna.
  • Biaya Permakanan sebesar Rp800.000 – Rp 1.200.000/taruna.

 

Untuk DV Teknik

  • Biaya Penunjang Akademik sebesar Rp8.225.000 – Rp15.000.000/taruna
  • Biaya Permakanan sebesar Rp 800.000 – Rp 1.200.000/taruna

 

Untuk D4 KALK

  • Biaya Penunjang Akademik sebesar Rp 8.225.000- Rp14.950.000/taruna
  • Biaya Permakanan Rp 800.000 – Rp 1.200.000/taruna

stocksnap.io

Sejarah STIP di Tahun 1998 untuk Institut ini diberi lisensi supaya dapat menyelenggarakan Basic Safety Training, DIklat Familiarization Training, Rescue Boat, Proficiency in Survival Craft, Advance Fire Fighting, Tanker Familiarization, Liquified Gas Tanker, Oil Tanker, Chemical Tanker, Medical First Aid Training, GOC-GMDSS, Radar /ARPA Training dan Medical Care Trainiing

Sementara di bulan Maret 2004 pendidikan dan pelatihan dari ahli pelayaran ini kembali berubah status menjadi STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran yang mempunyai struktur organisasi baru dengan cara membuka kesempatan untuk STIP. Hal ini bertujuan untuk bisa menjawab setiap tantangan dalam melaksanakan tingkat pendidikan yang jauh lebih tinggi sampai pada jenjang S2 maupun S3.

Ketika memasuki bulan April 2002 STIP telah berhasil menempati kampus baru yang berada di Marunda Jakarta Utara. Untuk bisa menjadi mahasiswa memang tidaklah mudah dilakukan, karena adanya syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi bagi para calon mahasiswanya. Namun setidaknya Anda bisa mengikuti bimbel STIP supaya bisa Lolos dari seleksi yang diberikan.

Sementara untuk biaya dari penunjang akademik akan dibayarkan 1 kali yaitu pada awal pendidikan. Untuk biaya penunjang akademik itu sendiri pun juga menggunakan batas bawah maupun batas atas yang ditentukan berdasarkan pada kebutuhan pendidikan.