Sejuta Khasiat Bonggol Pisang, Dari Obat Anemia Hingga Obat Diabetes


 

Bonggol pisang dikenal cukup kaya akan kandungan nutrisi seperti gula, tanin, vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, saponin, zat tepung, hidrokitiptamin, kalium, neropinefrin, dan serotonin. Oleh sebab itu wajar saja jika batang pisang ini dikenal memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan.

Dan mengejtukannya lagi, harga batang pisang di luar negeri terbilang cukup mahal. Salah satu contohnya di laman Amazon yang menjual bubuk batang pisang segar dengan harga mencapai 24 dolar AS per 300 gram. Sayangnya di Indonesia sendiri batang pisang masih kurang dimanfaatkan.

Padahal banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan bonggol pisang. Misalnya bagi para penderita anemia, mengonsumsi batang pisang bisa menjadi ramuan herbal yang cukup ampuh. Hal ini berkat kandungan vitamn B6 yang mampu meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Selain itu, batang pisang juga dipercaya bisa menjadi obat yang mujarab untuk para penderita diabetes. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya dipercaya mampu mencegah kadar gula darah naik.

Bonggol pisang juga dipercaya berkhasiat mencegah batu ginjal, menyehatkan sistem pencernaan, membersihkan saluran kemih, obat asam lambung, hingga membantu menyehatkan sistem pencernaan.