Strategi Promosi Produk Yang Baik Dan Benar


Promosi merupakan suatu bentuk pemasaran atau mengenalkan produk yang ditawarkan. Promosi ini sangatlah penting untuk dilakukan. Karena dengan begitu produk yang ditawarkan agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat.  Namun melakukan suatu bentuk kegiatan promosi ini tidaklah sembarangan. Ada beberapa strategi promosi yang bisa dijalankan.

Strategi Melakukan Promosi

pexels.com

  1. Mengetahui Siapa Target Pasar

Yang pertama yaitu dengan mengetahui target pasar. Anda harus paham betul siapa yang akan menjadi target pasar pada promosi produk Anda. Semakin spesifik dan detail Anda mengetahui lebih mengenai target pasar Anda maka peluang untuk sukses juga akan lebih besar. Dengan mengetahui target pasar secara detail maka dapat menyesuaikan produk yang akan diproduksi sesuai dengan kriteria target pasar tersebut, sehingga produk Anda akan diminati dan juga dibutuhkan.

  1. Promosi Menggunakan Sosial Media

Yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan sosial media aebagai media promosi. Semakin berkembangnya zaman media sosial menjadi suatu bentuk kebutuhan pokok bagi masyarakat. Dengan begitu promosi menggunakan media sosial ini sangatlah efektif untuk dilakukan. Contohnya yaitu melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lainnya. Promosi online juga saat ini banyak dipilih seperti contohnya melalui  situs Infection Studio. Melalui media sosial ini dapat mencakup banyak target dalam waktu yang singkat. Biaya yang dikeluarkan melalui promosi media sosial ini juga lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan dengan media sosial ini promosi dapat dilakukan sesuai dengan target dan kriterianya. Seperti contohnya dapat memilih komunitas yang tepat dan sesuai dengan produk yang dipromosikan tersebut. Dengan begitu produk yang dipromosikan akan memiliki peluang lebih besar untuk cepat terjual.

  1. Menawarkan Produk Secara Gratis

Strategi promosi yang selanjutnya yaitu dengan menawarkan produk secara gratis. Banyak masyarakat yang akan tergiur ketika melihat suatu potongan harga atau produk gratis. Strategi promosi dengan menawarkan produk secara gratis ini akan memiliki peluang besar untuk sukses. Banyak orang ragu terhadap suatu produk karena mereka belum pernah mencoba sebelumnya. Dengan menawarkan produk secara gratis ini, customer dapat mencoba terlebih dahulu untuk kedepannya mereka dapat membeli produk tersebut jika sesuai. Bahkan jika produk yang ditawarkan berupa jasa juga dapat menggunakan strategi ini. Yaitu seperti contohnya mencoba secara gratis atau free trial sehingga minat beli para customer menjadi lebih tinggi.

  1. Memilih Tempat Strategis

Memilih tempat yang strategis merupakan suatu bentuk strategi promosi yang harus diperhatikan. Dengan memilih tempat yang strategis dan tepat promosi produk tersebut dapat sukses besar. Karena semakin besar para customer dapat melihat produk yang ditawarkan maka kesempatan penjualan produk tersebut juga akan lebih meningkat. Tentunya dalam memilih tempat untuk promosi ini harus menyesuaikan dengan target pasarnya.

  1. Memberikan Insentif untuk Rekomendasi

Strategi yang berikutnya yaitu dengan cara memberikan insentif. Para customer akan kurang percaya jika produk tersebut tidak banyak yang menggunakannya. Dengan begitu para customer akan lebih yakin jika produk tersebut ada yang merekomendasikan. Testimoni para pengguna produk yang ditawarkan sangatlah penting untuk itu. Anda bisa memberikan suatu bentuk insentif terhadap para pengguna sebelumnya. Dengan memberikan suatu bentuk insentif yang bisa saja berupa uang atau potongan harga terhadap produk perusahaan sudah dapat memenangkan 2 sasaran marketing. Yaitu berupa konsumen yang loyal dan juga calon konsumen yang akan direkomendasikan oleh konsumen sebelumnya.

  1. Menjalin Hubungan Baik dengan Para Konsumen

Menjalin hubungan yang baik dengan para customer sangatlah penting untuk dilakukan sebagai bentuk strategi promosi. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa konsumen yang loyal yang menjadi suatu bentuk aset yang penting. Selain membeli produk yang ditawarkan secara rutin, para konsumen yang loyal ini dapat menjadi aset promosi untuk merekomendasikan produk Anda kepada calon customer lainnya. Dengan menjalin hubungan yang baik seperti contoh yang memberikan penghargaan atau diskon kepada para customer loyal penting untuk dilakukan. Terlebih dengan ketatnya persaingandengan berbagai macam produk yang sama dari perusahaan lain.

  1. Mulut ke Mulut

Strategi promosi yang selanjutnya yaitu mulut ke mulut. Yang dimaksud di sini yaitu para tim promosi akan menjelaskan secara langsung kepada para konsumennya. Djmana jika para konsumen tersebut merasa puas maka mereka juga akan memberitahukan kepada calon konsumen lainnya bahwa produk yang Anda tawarkan tersebut memuaskan. Ini merupakan salah satu strategi promosi yang sangat cepat dan produk mudah dikenal oleh masyarakat. Karena para konsumen akan memberikan testimoni secara langsung kepada para calon konsumen sehingga mereka akan lebih percaya .

 Bentuk Media Promosi

pexels.com

Promosi saat ini pun semakin beragam. Meskipun media cetak merupakan salah satu bentuk media promosi yang sejak dahulu paling banyak dipilih. Menggunakan media cetak seperti contohnya brosur, banner dan yang lainnya. Namun kekurangannya promosi melalui media cetak ini kurang cepat dikenal oleh masyarakat.

Promosi melalui media elektronik juga merupakan salah satu terobosan baru yang banyak dipilih. Karena menggunakan media elektronik ini dapat menjangkau lebih banyak target pasar. Contohnya yaitu melalui internet, media sosial, televisi, dan radio.