Cara Membuat Background di Word 2010 Agar Tampilan Dokumen Lebih Menarik


Bagi sebagian orang, membuat dokumen kerja tanpa background mungkin terlihat monoton. Asalkan bukan sebuah lembar kerja penting, sepertinya tidak masalah jika menambahkan latar belakang. Tak perlu yang sulit harus menggunakan aplikasi grafis, tinggal manfaatkan beberapa fitur di Microsoft Word. Dengan begitu anda tidak lagi kesusahan untuk mempercantik tampilan dokumen. Berikut cara membuat background di Word 2010.

Background Dokumen Membuat Tampilan Lebih Menarik

Pixabay.com

  1. Cara Mengganti Warna Halaman Background

Background atau latar belakang berfungsi sebagai peningkatan visual sebuah konten. Maksudnya dengan adanya background sebuah lembar kerja menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Asalkan penempatannya sesuai dengan isi dokumen tersebut, serta benar-benar membutuhkan tambahan background. Jika peletakkannya tidak pas justru membuat tampilan dokumen kurang menarik, bahkan bisa jadi dianggap kurang sopan.

Sebelum mencantumkan background, ada baiknya dilihat lebih dulu berapa persen kepentingan dokumen. Atau apakah ada atau tidak instruksi untuk menambahkan latar belakang. Apabila anda diizinkan untuk menambahkan background, anda bisa memanfaatkan Microsoft Word 2010 untuk mengganti warna halamannya. Selain mudah, ternyata di Word banyak pilihan fitur yang akan membantu editing anda nantinya.

Pertama-tama buka aplikasi Word 2010 terlebih dahulu, lalu buat dokumen baru dengan klik ‘Blank Document’. Setelah terbuka, pada bagian atas terdapat beragam menu untuk menjalankan lembar kerja. Pilih tab Page Layout yang berisi berbagai perintah, yang nantinya menunjang dalam cara membuat background di Word 2010. Kemudian klik pilihan Page Colour, dari sini anda bisa memilih warna yang digunakan sebagai dasar halaman.

Cukup dengan satu kali klik pilihan warna, maka keseluruhan lembar dokumen akan berganti menjadi warna tersebut. Misalnya memilih warna biru muda berarti setiap lembar kerja nantinya akan mempunyai warna serupa. Selanjutnya anda tinggal mengetik konten saja diatas lembar kerja yang sudah berganti warna. Perlu diingat bahwa warna yang muncul pada keseluruhan halaman, bukan hanya di beberapa titik ataupun di halaman tertentu saja.

  1. Cara Menjadikan Gambar Sebagai Background

Bukan hanya mencantumkan warna saja, tetapi anda bisa membuat background dari gambar. Sebelumnya cari terlebih dahulu gambar-gambar yang sekiranya cocok dengan konten. Sehingga antara isi dokumen dengan latar belakang masih berkesinambungan. Orang yang membaca hasil cetak lembar kerja tersebut, menjadi tertarik karena komposisi tampilannya pas. Asalkan gambar tidak terlalu menonjol dibandingkan isi dari dokumen tersebut.

Anda bisa langsung membuka lembar kerja Microsoft Word 2010. Kemudian arahkan kursor pada tab ribbon Insert. Saat masuk ke menu Insert ada banyak fitur yang bisa anda pilih untuk mempercantik dokumen. Namun jika anda berniat untuk cara membuat background di Word 2010, maka pilih tombol Picture. Selanjutnya sisipkan gambar yang sudah anda seleksi sebelumnya. Dengan cara mencari lokasi penyimpanan gambar, lalu gambar otomatis terpasang dalam dokumen.

Setelah gambar ditampilkan ubah posisi gambar, dengan cara klik gambar lalu pilih tab ribbon Format. Arahkan kursor pada menu Wrap Text dan pilih Behind Text, agar gambar tidak menutupi semua tulisan. Selepas itu silahkan perbesar atau perkecil ukuran gambar dengan drag bagian sisinya. Atur penempatannya, pencerahan, hingga tingkat warna agar tidak tampak mencolok. Dan juga jangan sampai background gambar mendominasi keseluruhan lembar kerja.

Disarankan untuk menjadikan background gambar, yang masih dalam batas sopan santun. Selagi bisa sesuaikan dengan isi dokumen, agar antar konten dengan background masih berhubungan. Usahakan bukan jenis gambar yang mendominasi isi dokumen, sebab latar belakang hanya penunjang saja. Supaya pembaca mempunyai titik fokus untuk membaca kelanjutan konten. Misalnya pada laporan ekonomi berarti beri background tentang petani atau berhubungan dengan bidang tersebut.

  1. Gunakan Fill Effects Pada Microsoft Word 2010

Pixabay.com

Cara membuat background di Word 2010 selanjutnya, ialah menggabungkan warna dan gambar. Jadi anda bisa membuat latar belakang dengan beragam gaya, yang sekiranya menarik untuk konten dokumen anda. Bahkan bisa menambahkan efek gradient, texture, pattern, maupun picture. Caranya klik tab Page Layout setelah masuk langsung pilih Page Colur. Di dalamnya ada Theme Colours, Standart Colours, No Color, More Colours, hingga Fill Effect.

Untuk kebutuhan dual background ini anda pilih Fill Effect. Disini ada beragam pilihan menu yang bisa anda otak atik. Pertama Gradient, yang akan memberikan efek warna membias dari satu warna ke warna lainnya. Ingin menggunakan one color, two colors, atau preset bebas. Setelah itu tinggal menyesuaikan Transparency beserta Shading Styles. Di dalam Shading Styles ini nantinya terdapat radio button, tinggal pilih saja salah satunya sesuai kebutuhan.

Kemudian beralih pada Texture, ada beragam pilihan yang sudah tersedia, jika kurang puas bisa menambahkan sendiri. Caranya klik Other Texture lalu pada kotak windows Select Texture, silahkan cari dan pilih file gambarnya. Gambar yang sudah dimasukkan akan otomatis membentuk ubin, atau diulang berjejer secara horizontal atau vertikal. Akhiri dengan klik Insert, maka langsung ditampilkan nantinya pada lembar kerja.

Jika Texture dirasa kurang memuaskan, anda bisa bergeser pada menu Pattern. Di menu ini ada beragam efek batik yang akan menjadi latar belakang dokumen. Supaya lebih menarik, anda bisa mengatur menu Foreground dan Background. Pada Foreground anda pilih satu warna lalu pilih warna berbeda pada Backgorund. Nantinya pattern yang keluar warnanya campuran, dan menjadikan tampilan lembar kerja lebih menarik.

Terakhir anda bisa menambahkan Picture, apabila memang diperlukan setelah penambahan warna. Karena anda memadukan gambar dan warna, setidaknya buat komposisi keduanya seimbang. Jadi tidak ada yang timpang sebelah dan menjadikan hasil lembar kerja tak menarik. Baik warna maupun gambar harus benar-benar padu dengan konten dokumen. Sehingga pembaca tidak merasa aneh ketika mulai mempelajari artikel atau laporan yang anda buat.

Menambahkan background pada dokumen menjadi salah satu cara unik, untuk menarik perhatian si pembaca. Mungkin terlihat rumit padahal sebenarnya anda bisa menggunakan Microsoft Word 2010. Disana ada fitur-fitur yang membantu anda untuk membuat dokumen lebih menarik. Setidaknya kehadiran latar belakang akan membuat pembaca menjadi berminat. Untuk mempelajarinya lebih lanjut anda bisa mengunjungi website dari charis.