Cara Membuat Bubur Nasi yang Gurih dan Nikmat


Kalau membahas mengenai bubur nasi maka ini menjadi salah satu masakan yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Menu bubur nasi memang sangat cocok untuk untuk sarapan pagi. Nah, untuk menambah selera makan anda bisa menambahkan beberapa toping seperti telur rebus, ayam suwir, kacang, kuah kaldu, daun bawang dan yang tidak boleh ketinggalan kerupuk. Kreasi membuat bubur nasi ini sudah semakin banyak dan bervariasi, tentunya bisa anda buat sesuai selera anda.

Kita ketahui bersama kalau bubur memang dikenal sebagai makanan yang lezat dan menyehatkan. Satu cangkir bubur nasi polos saja mengandung 100 gr kalori dan lemak 3 gr yang pastinya cukup sebagai sumber energi di pagi hari. Sebagai pelengkap maka anda bisa menambahkan sayuran, suwiran ayam, dan telur sebagai tambahan protein, mineral, dan vitamin.

Cara Membuat Bubur Nasi yang Nikmat

Pixabay.com

Cara membuat bubur nasi memang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. sehingga anda sendiri pun bisa membuatnya dengan mudah dan lebih praktis. Selain itu bahan-bahan yang digunakan pun lebih mudah dicari karena bahan ini pada umumnya sudah ada di dapur.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah membuat bubur nasi yang nikmat untuk menu sarapan. Penasaran? Silahkan simak penjelasannya berikut ini:

  1. Menyiapkan bahan-bahan yang digunakan
  • Beras ½ kg , jangan lupa dicuci sampai bersih
  • Air biasa 2 gelas
  • Kaldu ayam 2 gelas
  • Daging ayam ¼ tanpa tulang
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis dan kecap asin secukupnya
  • Bawang goreng
  • Daun seledri diiris kecil-kecil
  • Daun bawang diiris kecil-kecil
  • Kaldu ayam bubuk
  • Telur rebus 1 butir yang dibelah menjadi dua
  • Sambal bagi anda yang pecinta pedas
  1. Proses memasak bubur nasi yang nikmat dan spesial
  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memasak beras dengan menggunakan air kaldu ayam dan air biasa. Setelah itu tambahkan kaldu ayam dan garam secukupnya.
  • Silahkan masak beras tersebut sampai menjadi bubur yang lembut dan matang. Memasak ini bisa memakan waktu hingga satu jam. Nah, agar panci yang anda gunakan untuk memasak nasi ini tidak gosong maka anda perlu mengaduk adonan berasa ini secara perlahan. Ketika sudah matang anda bisa sisihkan.
  • Langkah selanjutnya silahkan membumbui ayam dengan garam dan digoreng sampai matang. Setelah itu silahkan iris daging ayam tipis-tipis.
  • Setelah itu anda bisa mengambil mangkok untuk tempat bubur nasi. Kemudian anda bisa menaburkan toping berupa bawang goreng, ayam goreng, telur rebus, daun seledri, dan daun bawang.
  • Untuk menambah cita rasa anda bisa menambahkan kecap manis dan kecap asin.
  • Kalau anda termasuk pecinta makanan pedas maka anda bisa menambahkan sambal.

Manfaat Mengkonsumsi Bubur Nasi Untuk Kesehatan

Pixabay.com

Campuran nasi yang dimasak menjadi bubur merupakan salah satu masakan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, negara lain seperti China, Jepang, Korea, sampai Portugal pun suka dengan makanan bubur. Sebenarnya makanan bubur ini pertama kali ada di China.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur nasi untuk kesehatan. Penasaran? Silahkan simak ulasannya berikut ini:

  1. Sebagai sumber energi

Kalori dalam tubuh itu memang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan tubuh untuk menjalankan berbagai aktivitas. Kalori sendiri berasal dari proses pembakaran karbohidrat, protein dan lemak. Kalori yang ada dalam bubur nasi ini memang sangat bervariasi sesuai bahan utama yang digunakan dan lauk pendampingnya.

Semangkuk bubur nasi ini memiliki kandungan kalori sebesar 211 kkal dan itu sudah cukup untuk memulai aktivitas lebih baik di pagi hari.

  1. Sebagai sumber protein

Daging ayam yang digunakan sebagai toping ini mengandung protein yang baik untuk tubuh. Protein sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh yang rusak. Selain itu kandungan protein dalam bubur nasi ini juga bisa digunakan tubuh untuk membentuk hormon dan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu protein juga sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang, otot, sel darah, dan kulit.

  1. Mengandung serat

Bubur nasi sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Tentunya dengan adanya serat ini akan membuat anda bisa tahan lapar lebih lama. Tentunya anda bisa memilih menu bubur nasi untuk menjalankan program diet sehat. Walau sedang melakukan diet asupan nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi.

Selain itu kandungan mineral pada bubur nasi juga sangat baik dalam membantu sistem imunitas tubuh, menstabilkan gula darah, dan bisa mengurangi resiko diabetes. Nah, dengan adanya serat yang tinggi ini mampu memperlambat tubuh untuk menyerap gula dalam makanan. Tentunya dengan mengendalikan gula darah anda bisa menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, dan ginjal.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur nasi. Sebagai bubur organik sangat cocok untuk dikonsumsi untuk sarapan. Bahan-bahan alami yang ada pada bubur memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Semoga penjelasan ini bisa memberikan banyak manfaat dan menambah pengetahuan tentang bubur nasi.