Lupa Password Windows 10?, Begini Cara Mengatasinya


Untuk mencegah penggunaan yang tidak diinginkan, Windows 10 memiliki fitur keamanan yang akan selalu meminta pengguna untuk mengetikkan password setiap kali login ke sistem komputer. Tentu saja, fitur keamanan ini bisa sangat bermanfaat terutama bagi Kamu yang menggunakan laptopmu di tempat yang ditinggali bersama. Nah, salah satu masalah yang sering terjadi terkait fitur ini adalah lupa password Windows 10 yang bisa saja membuat panik.

Cara Mengatasi Masalah Lupa Password Windows 10

pexels.com

Apabila pengguna baru saja mengatur password untuk perangkat dengan Windows 10 atau iseng-iseng mencobanya, maka masalah manusiawi ini cukup umum terjadi. Alhasil, pengguna pun tidak bisa lagi masuk ke desktop dan menggunakan komputernya. Namun tetap jangan panik, karena ada beberapa cara yang bisa Kamu coba terlebih dahulu.

Menggunakan Password Hint (Petunjuk Password)

Tentu saja cara ini bisa Kamu coba jika pada saat mengatur password tersebut Kamu juga mengisi bagian password hint yang sesuai. Jika tidak merasa mengatur petunjuk pada saat membuat password, lewati cara ini. Password Hint ini biasanya berupa kata yang menjadi petunjuk pada password yang mungkin Kamu lupakan. Misalnya untuk password berisi namamu, maka Hint yang mungkin kamu gunakan adalah “nama”.

Menggunakan Akun Microsoft untuk Mereset Password

Besar kemungkinan Kamu menggunakan Windows 10 dengan akun Microsoft yang aktif di dalamnya. Kamu pun bisa memanfaatkan akun ini untuk mengatur ulang password komputermu. Jika Kamu pernah melakukan sinkronisasi sistem, Kamu pun bisa mengaksesnya untuk mereset password dengan cara sebagai berikut;

  1. Klik hyperlink “I forgot my password” pada halaman login
  2. Kamu mungkin harus menginput karakter yang ditampilkan pada jendela “Recover Your Account” untuk memastikan bahwa Kamu bukan robot atau perintah secara tidak sengaja. Setelah itu klik “Next”.
  3. Isi alamat email yang terdaftar di Microsoft pada jendela “Verify Your Identity” kemudian klik “Send Code” dimana server Microsoft akan mengirim kode verifikasi akun ke email terkait.
  4. Setelah menerima email dari Microsoft berisi kode, klik “Next” untuk membuat password baru.
  5. Pastikan Kamu melihat notifikasi bahwa password telah berhasil diubah.
  6. Berikutnya, Kamu akan diarahkan kembali ke login screen yang baru untuk mencoba apakah password yang baru sudah bisa digunakan atau belum. Jika sudah, artinya Kamu bisa login ke komputer yang terkunci tadi menggunakan password yang baru.

Menggunakan Akun Administrator untuk Reset Password

Kamu juga bisa menggunakan akun administrator perangkat komputer yang terkunci tersebut untuk mereset password yang lupa, dengan cara;

  1. Klik kanan pada Start Menu lalu pilih “Computer Management”
  2. Berikutnya Kamu akan dibawa ke menu “Computer Management (Local) dimana Kamu bisa mengakses “System Tools”.
  3. Pada menu ini. Silakan pilih “Local Users and Groups” lalu klik pilihan “Users”
  4. Klik kanan di akun Anda lalu pilih “Set Password” disusul dengan klik “Proceed” untuk melanjutkan
  5. Silakan ketik password baru lalu klik “OK” sehingga password akun yang Kamu lupa akan direset ke password yng baru.

pexels.com

Menggunakan Flashdisk/ HDD Eksternal untuk Reset Password

Ya, Kamu perlu menyiapkan media penyimpanan lain untuk mereset password menggunakan file PSW. Cara yang akan Kamu lakukan diantaranya

  1. Hubungkan media simpan
  2. Buka Control Panel (tekan tombol Windows + tombol X diikuti tekan tombol P pada keyboard)
  3. Lalu klik “User Accounts”
  4. Di bagian menu kiri, klik “Create a Password Reset Disk” untuk memulai proses pembuatan file password (.psw).
  5. Berikutnya, akan muncul jendela Forgotten Password Wizard yang secara default akan mengatur lokasi pembuatan file password key disk ke media simpan yang terpasang ke komputer. Selanjutnya klik “Next”
  6. Atau jika ada flashdisk lain yang terhubung, kamu juga bisa memilih flashdisk mana yang ingin digunakan dengan mengklik tanda panah ke bawah yang menampilkan daftar USB flashdisk yang terpasang pada menu drop down.
  7. Setelah media simpan terpilih, klik “Next” untuk lanjut ke Wizard berikutnya.
  8. Setelah itu, Kamu akan diminta untuk memasukkan password user yang Kamu gunakan sekarang (baru) dan silakan Kamu isi semuanya diikuti klik “Next”.
  9. Tunggu hingga proses pembuatan file .psw selesai dan tersimpan dalam Flashdisk. Setelah proses selesai, klik “Next” diikuti “Finish”
  10. Berikutnya Kamu bisa mengakses file userkey.psw yang digunakan untuk mereset password.
  11. Menggunakan file ini, Kamu cukup memasang flashdisk ke komputer yang terkunci alu klik “Reset Password” dan ikuti instruksi yang tampil di layar, yaitu dengan klik “Next” termasuk pada saat memilih flashdisk yang digunakan untuk mereset password.
  12. Pada halaman password yang baru, ketikkan password yang baru sebanyak 2 kali lalu lengkapi juga dengan Hints yang relevan. Lalu klik “Next” dan “Finish” dan selesai.
  13. Berikutnya Kamu bisa mencoba login menggunakan Password baru.

Cara reset password menggunakan flashdisk ini hanya untuk akun administrator atau akun lokal saja yang artinya tidak bisa digunakan untuk mereset apssword akun Microsoft yang Kamu gunakan untuk login ke komputer. Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka install ulang menjadi alternatif lainnya.

Demikianlah cara-cara yang bisa Leskompi bagikan untuk mengatasi lupa password windows 10. Ingat untuk tidak panik dulu agarKamu bisa lebih fokus mencoba berbagai cara dan melakukan berbagai tahapan yang diperlukan. Semoga berhasil.